Mesin Digital Printing Ultraviolet (UV)

Mesin Digital Printing UV adalah pengembangan dari mesin digital printing yang menggunakan tinta UV (Ultra Violet). Media cetak yang bisa dipakai oleh mesin digital printing UV adalah media printing indoor dan outdoor. Mesin Digital Printing UV juga dapat mencetak dipermukaan keramik, kaca, dan alumunium yang sebelumnya harus dicoating terlebih dahulu.

Untuk mengeringkan tinta UV yang memiliki sifat tidak mudah kering, harus disinari dengan lampu UV yang terdapat di Mesin Digital Printingnya yang letaknya berdampingan dengan head printing UV. Oleh karena karakteristik tinta yang tidak mudah kering, perawatan head relatif lebih mudah, hanya perlu menutup head tanpa perlu memberikan solution / cairan pembersih apabila tidak di pakai dalam jangka pendek. Jika tidak dipakai dalam jangka panjang, sebaiknya head dibersihkan. Head sebaiknya dibersihkan dan diisi dengan cairan solution / cairan pembersih dan kemudian menutup head dengan di sertai tissue yang di basahi oleh cairan pembersih. Pastikan head selalu dalam kondisi basah (tidak boleh kering).

Mesin Digital Printing UV memiliki beberapa varian bergantung pada aplikasinya:
Roll to Roll: menggunakan media yang digulung dalam rol seperti mesin digital printing pada umumnya. Umum untuk mencetak iklan dengan mengunakan media outdoor terutama bagi anda yang mempunyai order banyak dengan biaya perawatan yang lebih rendah. Adapula untuk mencetak di mika / plastik transparent

Flatbed: untuk mencetak material yang kaku / padat seperti kaca, kayu, acrylic, dll. Cara pemakaian Mesin Digital Printing UV Flatbed adalah Media diletakan di atas ban berjalan kemudian melewati print head yang bergerak ke kiri dan ke kanan yang dibantu dengan meja yang kokoh dan disedot dengan vacuum agar media yang dicetak tidak bergerak.